Tepat dimana ada hari, hari yang membawa kabar baik diawal doanya. Aku memang membawa sekumpulan kertas serta guratan dan tulisan hasil pembelajaran selama tiga tahun ini. Usainya membawa selebaran serta tumpukan kertas, sesampainya untuk berhenti akan memberi pesan, ternyata hujan dan langit gelap berbicara. Ada pesan sendu datang, pembicaraan dan tangisan sempat terdengar di telepon saat sanak sodara menelponku untuk menyampaikan kabar itu. Akhirnya yang dirasa yang sudah terbayang datang juga, waktu tak terasa sampai hari itu terjadi juga. Sepulangnya dengan pesawat di pesawat pun tidak bisa terbayang jika sesampainya di rumah ada bendera kuning pertanda bahwa ada yang telah pergi.

 Sepulangnya memang aku sudah tidak bisa membawa tangis, karena memang bukan saatnya untuk membawanya. Hingga esok paginya menjelang ternyata masih terbangun dengan sesuatu hal yang sulit diterima, namun saat siang menjelang, sirene bersuara, keranda pun turut diangkat, lalu tanah-tanah merah menyadarkan sesaat menyentuh telapak kaki, liang lahat terbuka, aku pun turut memberi adzan kepada yang telah pergi untuk selamanya, dan dirasa cukup menyadarkanku. Bahwa semua telah terjadi dengan segala kehendaknya, takdir menjelang dan membuka jalan ayahku menuju tuhan. Aku rasa ayah pun sudah hangat dengan perginya, sudah damai dengan segala kedamaian yang ada.

  Bahwa yang telah pergi selamanya adalah hanya perpindahan, perpindahan ke kehidupanm nan kekal abadi di alamnya. Doa dan harapan saat 5 waktu shalat pun terlaksana, terlaksana dengan wujud kebaikan yang terbang hingga kau tangkap dan didengar doa-doanya. Selamat jalan, doa ini untuk ayah yang telah menemukan tempat terbaik di sisinya.

                6 Juni, 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s