Memulai tahun 2017 dengan ide-ide serta cerita yang lama terpendam. Di tahun ini saya dan satu teman saya bernama Frutti akan mengadakan project kolaborasi jarak jauh, rencana akan diadakan tiap bulan. Berawal dari percakapan yang tidak sengaja terjadi. Frutti ini adalah stage photographer  (atau tukang potret musisi yang sedang berlaga di panggung)  dari salah satu musisi indie lokal di Yogyakarta. Memang kita dari satu kampus dan fakultas yang sama, tapi berbeda program studi. Isi percakapan dimulai tentang band-band indie Indonesia, lalu malah tercipta pencetusan tentang proyek ini. Saya pikir kenapa tidak untuk dimulai, karena dari pada tidak sama sekali, toh teman saya ini juga yang pertama kali mengajak kolaborasi.

Mungkin proyek ini nantinya ada sebagai eksplorasi kita terhadap sebuah karya. Nantinya, sebuah karya ini ada dalam bentuk potret, lalu dikombinasikan dengan sentuhan sastra. Entah karena cuma iseng belaka atau memang karena ingin melatih diri, jadilah hal ini akan dilakukan tiap bulan. Jika berjalan dengan lancar, dari hal ini nantinya akan menjadi hal yang tidak biasa, yang para penikmat seni fotografi dan sastra berhak mempunyai opini masing-masing setelah melihatnya (Oo.. itu jelas).

“Kalau kita gak mulai berkarya, kelak kita akan selamanya jadi pasar” – Pandji Pragiwaksono

 Entah kenapa saya mengingat kata-kata itu, syukur-syukur bisa menghasilkan sesuatu yang nantinya menjadi pasar tersendiri. Mungkin proyek ini belum tentu menghasilkan atau bahkan menciptakan pasar yang ada, tapi yang kita ingin coba hanyalah “dicoba” dan disiplin dengan komitmen. Walaupun memang hal serupa seperti ini sebelumnya sudah ada. Dan setidaknya kita atau saya dan teman saya ini ingin mengekspresikan sesuatu hal dalam bentuk karya. Tentunya dari isi dan tampilan akan berbeda dari karya yang sudah ada dan lebih terkenal. Optimis dengan proyek atau bisa disebut karya kolaborasi dari jarak jauh. Berharap suatu saat ini akan jadi hal yang bisa dipamerkan sepertinya.

Advertisements

5 thoughts on “Proyek “Kala Gundah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s