Apasih Coffee Snob itu?

2017-02-05-14_58_11-capture

(Sumber: Coffeesmithjkt)

Di kesempatan kali ini saya ingin membahas sesuatu yang beberapa tahun belakangan ini lagi hype, yaitu pecinta kopi, atau biasanya kalangan orang-orang perkopian menyebutnya dengan coffee snob. Pecinta kopi memang bermunculan lebih menjamur, dari yang mulai mencap dirinya pecinta kopi di sosial media,sampai yang mulai menjelma karena ikut-ikutan, atau yang dengan ilmu seadanya menjelaskan perkopian yang ada. Ada juga yang sudah melalang buana demi secangkir kopi dan terbukti sangat mumpuni menjadi coffee snob itu sendiri.

” An individual who cares about what coffee or coffee mix drink they put in their mouth. A coffee snob is not ok with starbucks, or Tim hotrons, or dunkin doughnuts, or mcdonalds…etc.” – Kutipan dari urban dictionary

Seperti itulah gambaran singkatnya si coffee snob tersebut. Entah saya bisa dibilang seperti itu atau tidak, tapi beberapa ciri-ciri yang akan dibahas ini mungkin akan mendeskripsikan seorang coffee snob lebih lanjut.

  1. Menyeruput dan Tidak dengan Diminum Langsung

Dari cara seorang coffee snob itu bisa dilihat saat dia menikmati secangkirnya. Biasanya orang ini akan menyeruput dengan bunyi “Slurp..Slurp,” begitulah sejatinya. Kerap melakukan itu karena ingin merasakan flavour yang ada, menikmatinya dengan khusyuk. Lalu dilanjutkan dengan muka-muka lagi berpikir, sangking seriusnya kalau ditanya “Gimana rasanya?” wah….. bisa dibarengi dengan penjelasan yang cukup panjang.

2. Hafal Bahasa-bahasa yang Berbau Kopi

Kalau hal yang satu ini memang sering banget nih menjadi bahan obrolan. Dengan fasihnya akan keluar dari mulut kata-kata seperti acidity, brewing, bitterness, sweatness, medium, cupping, break, tamping dan masih banyak lagi. Kalau udah bicarain hal-hal yang berbau kopi akan saling ngasih informasi dan akan amat sangat kepo tentang kopi.

3. Shopisticated

Kalau seorang coffee snob ingin memesan kopi yang dinikmati pasti harus perfect, dan bahkan memesan yang tidak ada di menu yang ditampilkan. Selera secangkir kopi yang tinggi membuatnya memang harus tidak sembarang memesan. Seorang coffee snob akan langsung memesan menu seperti Split. Atau, Magic. Atau, Tasting Flight. Quadrupple espresso. Pocahontas. Beelzebub.(Sumber tambahan: Kopikini)

4. Paham Sama Kopi yang Dia Nikmatin

Kalau mau mesan kopi atau nikmati kopi gak sembarangan beli. Misalkan seperti ini, “saya mau kopinya single origin ya” atau akan lebih memperhatikan suhu yang tepat. Menurut National Coffee Association suhu air paling baik dalam membuat kopi ideanya adalah 195°F sampai 205°F atau 90 – 96 derajat celcius. Tapi beberapa orang biasanya menggunakan suhu di bawah 90 derajat Celsius saat menyeduh dengan metode manual brew. (Sumber tambahan: ottencoffe)

5. Starbucks Itu Nggak Banget

sb

(Sumber: Eonline.com)

Seorang coffee snob akan menganggap gerai kopi dari amerika ini adalah pantangan. Mereka enggan ngopi di tempat ini. Mungkin mereka akan lebih memilih ngopi di kedai kopi lokal. Atau pilihan mereka bisa jadi membeli biji kopi yang sudah di roasting dan memang menikmatinya dengan alat grinder kepunyaan sendiri. (Padahal di dompetnya bisa saja ada kartu member, atau pun di sosial media line-nya dapet promo dan langsung dibelikan pada hari itu juga)

6. Mengoleksi Barang-Barang yang Berbau Kopi

Mengoleksi adalah bagian dari kesukaan atau hobi. Maka coffee snob sejati biasanya punya barang-barang seperti kaos, jacket, tas, buku, atau bahkan koleksi lainnya yang berhubungan dengan kopi. Tidak lupa dengan alat-alat sederhana pembuat kopi, entah penyeduhmanual. grinder, dan barang-barang lainnya.

7. Merasa Sohib Banget Sama Barista-Barista Ternama

m-aga

(Sumber: qraved)

Kalau yang satu ini lucu-lucu songong sih, merasa kayaknya udah friend banget sama barista-barista seperti Mat Perger atau Tim Wendelboe, atau kalau dari Indonesia ada Muhammad Aga.

Berikut gambaran tentang coffee snob. Artikel ini hanya sekedar untuk bacaan dan saling sharing, seru-seruan, dan menambah ilmu. Jikalau ada yang kurang mohon ditambahkan, atau pun bisa komen di blog ini. Hidup kopi Indonesia!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s