“Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” (Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno).

 Pagi itu secangkir kopi tubruk menemani saya, lalu sambil menikmati alunan lagu lama. Menikmati hujan yang beberapa hari ini sering mengguyur Jabodetabek. Membaca beberapa email, dan juga menikmati kata-kata yang saya cari untuk bahan tulisan. Lalu menemukan sebuah kata-kata lama dari Presiden Indonesia terdahulu, yaitu Bapak Dr.Ir. H. Soekarno atau lebih dikenal dengan nama Bung Karno.

Benar adanya jika Bung Karno adalah sosok wibawa dengan pembawaannya, ia dapat memikat banyak kaum hawa pada saat itu jatuh cinta. Cerita cintanya pun menjadi salah satu kisah tersohor. Sambil melihat foto Bung Karno yang berada di ruang tamu dengan tanda tangannya, saya menanyakan kepada ibu. Foto itu ada karena dulu kakek saya adalah seorang wartawan, ia kerap mengikuti beberapa acara dengan Bung Karno. Jadilah ia diberi kenang-kenangan berupa sebingkai fotonya. Dari banyak kisah, saya tahu bahwa beliau sangat romantis namun tetap bijaksana, bukan sekedar gombal biasa, itulah yang dilihat dari beberapa pujangganya tentang cinta. Banyak beberapa memoar tentang ceritanya dan beberapa istrinya. Cerita tersebut bisa dilihat di buku yang berjudul Bunga-Bunga di Taman Hati Soekarno, Kisah Cinta Bung Karno Dengan 9 Istrinya yang ditulis penulis Haris Priyatna, dan Total Bung Karno karya Roso Daras.

Memang sudah porsinya berarti, pastilah ada sulit untuk dirasakan. Bagi saya, cinta adalah sesuatu yang membuat kepayang, bingung bila dirasakan terlalu dalam. Kadang tidak mudah ditebak, firasat pun jadi teman pendukungnya. Memang tidak datang dengan mudah, namun bisa saja pergi dengan mudah. Bagi yang sedah jatuh-jatuhnya sama cinta, tetaplah mawas diri, namun bersungguh-sungguh untuk saling mendukung juga. Seperti sayap yang bisa membuat terbang.

“Tahu apa kamu tentang cinta?”

Sebenarnya tahu karena pernah merasakan beberapa cerita, tapi dibilang sangat mengerti juga tidak. Tulisan ini hanya ocehan yang ingin dibicarakan saja, karena memendam tidaklah seenak yang dipikirkan. Setelah membaca tulisan ini coba kamu klik link lagu yang berada di atas, lagu favorit dari salah satu penyanyi Youtube. Ikuti beberapa instruksinya, pejamkan mata, dan bayangkan bahwa kamu bisa sekedar melihat mata orang yang disuka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s