Sumber Foto: Instagram @ihanifiqbal
Sumber Foto: Instagram @ihanifiqbal

Hari-hari yang sibuk dengan pekerjaan sana-sini. Dan kali ini bacakopi memilih menghabiskan waktu di rumah untuk ngopi. Mengundang beberapa teman, dan kita menyeduh kopi bersama-sama. Sebagai pecandu kopi yang masih belajar saya mau sedikit sharing tentang menyeduh kopi di rumah.

“Eskperimen mencoba bean yang ini dan yang itu, bukan cuma sekedar ngopi di teras tapi juga menikmati pembicaraannya”

Saya dan teman saya mencoba dua bean, yang satu biji kopi dari excelso (Brand yang cukup ternama, tersedia juga di Supermarket tertentu) dan yang satu lagi adalah bean dari salah satu kedai kopi yang hits di Yogyakarta, yaitu Studio Kopi.  Beberapa alat yang kami siapkan adalah Grinder manual, dan alat seduh metode V60.  Lalu selanjutnya kami menyeduh dengan metode tubruk. Di sesi ini saya mencoba eksplore lagi rasa-rasa kopi, kedua bean yang kita coba ini mempunyai rasa andalan masing-masing.

Keduanya mempunyai keunggulan yang berbeda, dari Studiokopi cenderung asam dan after taste-nya adalah gulali, kalau dari excelso cendurung frutty (atau lebih ke ada rasa buahnya), dua-duanya ini adalah jenis biji kopi arabika. Begitulah sedikit gambaran menyeduh kopi dengan biji kopi yang ada terlebih dahulu. Untuk rasa kopi yang dihasilkan, keduanya enak namun saya masih cocok dengan kopi kepunyaan studio kopi. Kalau dari brand yang satunya lagi akankah lebih nikmat dibuat Vietnam Drip dan dicampur dengan susu kental manis pastinya.

“Oh iya after taste itu apa sih bung?”

“After taste adalah flavour atau rasa yang tertinggal di mulut pada saat meneguk kopi.” – Majalah Otten Coffee

Dan after taste dari setiap kopi sangatlah berbeda, ada yang spicy, nutty, caramelly, dan masih banyak beberapa lagi. Lidah saya masih terus melatih untuk mengecap berbagai macam rasa dari kopi. Begitulah uniknya secangkir kopi, ada banyak rasa yang bukan cuma sekedar pahit. Perihal rasa adalah sesuatu yang membuat penasaran dan terus mencoba kopi dari berbagai macam daerah.

Sumber foto: Coffeeland. id
Sumber foto: Coffeeland. id

Saya dan beberapa teman saya memang mempunyai misi untuk memberikan sosialisasi ngopi. Pelan-pelan dari teman terdekat dulu. Karena kita punya beberapa tujuan, yaitu membiasakan untuk tidak minum kopi sachetan lagi, serta memberikan sedikit edukasi yang kita tahu bahwa kopi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Dan juga bikin kopi di rumah bisa lebih murah, setidaknya kita bisa lebih hemat dan membuat diri bisa bikin kopi enak. Demikian sesi singkat dari bacakopi, jangan lupa ngopi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s